Kamis, 25 Februari 2010

Puluhan Pekerja Keracunan di Pabrik iPhone

Banyak vendor teknologi mengandalkan perusahaan China untuk membuat komponen. Namun sepertinya standar keamanan kurang diperhatikan di sebuah pabrik setelah puluhan pekerja perusahaan bernama Wintek dilaporkan keracunan.

Perusahaan Wintek yang berkantor pusat di Taiwan ini membuat berbagai komponen untuk para vendor ponsel seperti Nokia dan Apple. Salah satunya layar sentuh yang dipakai di produk Apple iPhone dan iPod Touch.

Nah, Wintek diberitakan menggunakan bahan kimia beracun bernama N-hexane dalam proses pembersihan layar. N-hexane mungkin adalah pembersih yang baik, namun dapat berbahaya bagi manusia.

Jika dihirup dalam jangka panjang, N-hexane bisa mengganggu sistem saraf. Terbukti, seperti detikINET kutip dari Geek, Rabu (24/2/2010), 49 pekerja Wintek keracunan N-hexane dan dirawat di rumah sakit.

Berita adanya pekerja yang keracunan ini ditayangkan oleh stasiun televisi CCTV. Sebelum keracunan terjadi, sebagian pekerja di Wintek sudah pernah demonstrasi terkait buruknya kondisi kerja.

Terang saja kasus itu memicu keprihatinan tersendiri mengingat kesehatan pekerja tampak diabaikan. Pihak pabrikan pun berhenti memakai N-hexane dan menghukum beberapa staff yang bertanggungjawab.

Menanggapi kasus ini, pihak Nokia menyatakan sudah memastikan proses produksi ponselnya tak memakai N-hexane. Sedangkan Apple belum berkomentar.

detik.com

0 komentar:

Posting Komentar