Selasa, 02 Februari 2010

YouTube ala China Tingkatkan Investasi USD40 Juta


Situs berbagi video serupa YouTube asal China, Youku.com menambah investasi untuk situsnya sebesar USD40 juta. Penambahan jumlah investasi ini merupakan bagian dari perluasan situs dan langkah untuk mulai mencari keuntungan yang dilakukan oleh Youku.

Nampaknya Youku kini tidak main-main dengan bisnis yang digelutinya. Dengan menambah investasi, total pendanaan ekuitas Youku sekarang berjumlah USD110 juta.

Youku telah menjadi situs bergaya YouTube paling populer di China sejak diluncurkan pada 2006. Youku kini mulai sadar akan popularitasnya dan berniat untuk berekspansi menjadi situs yang lebih profesional.

Konten Youku pun nantinya akan lebih beragam mulai dari video klip yang diposting pengguna hingga konten proesional serupa serial drama televisi. Dana investasi terbaru Youku akan digunakan untuk mengirimkan vido-video yang lenih profesional. Saat ini, Youku telah bekerjasama dengan 1.500 pihak pemegang lisensi untuk menawarkan konten profesional. Demikian keterangan yang dikutip dari PC World, Senin (21/12/2009).

Youku juga akan menggunakan dana tersebut untuk menghasilkan lebih banyak konten berbasis web serta melakukan riset dan pengembangan proyek mobile dan PC.

Situs video online mendapatkan sambutan hangat dari para pengguna internet di China sama seperti di AS. Namun sepertinya China memiliki audien potesial yang lebih besar.

Berdasarkan data riset CR-Nielsen hingga akhir Juni 2009, China memiliki sekira 338 juta pengguna internet. Dua pertiga dari jumlah tersebut memanfaatkan video online dan Youku merupakan situs video online yang paling sering digunakan di China.

Youku tidak menyebutkan target waktu untuk menghasilkan keuntungan. Namun juru bicara Youku memperkirakan total keuntungan yang dicapainya tahun ini akan melebihi USD29 juta. (rah)
okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar