Selasa, 23 Februari 2010

Maret 2010, Nokia N900 Masuk Indonesia


Kabar gembira buat Anda para pencinta gadget yang sudah tak sabar untuk menjajal kemampuan Nokia N900. Smartphone pertama di dunia yang menggunakan Linux Maemo 5 itu akan segera tersedia di pasar Indonesia.

Demikian disampaikan Chris Carr, Vice President Sales Southeast Asia Pacific, dalam Nokia Showcase 2010 di Bangkok, Thailand. Ia mengatakan, wilayah SEAP (South East Asia-Pacific)—negara-negara ASEAN plus Australia, Selandia Baru, dan Banglades—menjadi tujuan pemasaran N900 setelah Eropa dan negara besar lainnya.

"Mulai Maret, Nokia N900 akan tersedia di wilayah tersebut," ujar Chris Carr dalam acara yang digelar di Warehouse Thai River Marina Bangkok, Thailand, Senin (22/2/2010) malam.

Ia mengatakan, kehadiran N900 dengan platform terbuka Maemo memberikan kesempatan bagi para pengembang aplikasi untuk bekerja sama. Nokia, lanjut Carr, berkomitmen merangkul para pengembang di seluruh dunia, termasuk para pengembang lokal di setiap negara. Saat ini, lebih dari ratusan aplikasi telah dibuat untuk N900 dan masih terus bertambah. Aplikasi tersebut tersedia melalui bursa online yang dikembangkan Nokia OVI Store maupun komunitas pengembang Maemo.

N900 berlayar sentuh 3,5 inci dan dilengkapi keyborad QWERTY. Kinerja komputasinya didukung prosesor ARM Cortex A8 600 MHz, sistem operasi Linux Maemo 5, dan memori internal 32 GB. Kemampuan multitasking untuk membuka sebanyak mungkin aplikasi secara bersamaan merupakan daya tarik utamanya. Fitur utama lainnya, kamera 5 megapiksel, GPS, koneksi HSPA, dan WiFi 802.11 b/g. Nokia N900 juga menjadi handset pertama di dunia yang telah dilengkapi browser internet Firefox for Mobile buatan Mozilla.

Soal harga jualnya, Corporate Communication Manager Nokia Regina Hutama Poli belum dapat memastikan. Sebagai gambaran saja, di pasar AS, Nokia N900 dibanderol sekitar Rp 6 juta saat tersedia mulai November 2009.

Tri Wahono

sains.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar