Minggu, 21 November 2010

Untuk Penuhi SDM Bidang ICT

S1 Ilmu Komputasi

Untuk Penuhi SDM Bidang ICT

Sementara yang lain sudah mampu menciptakan berbagai teknologi canggih, Indonesia baru sekadar menjadi pengguna di tengah serbuan produk-produk ICT keluaran negara lain. Miris khan bila melihat kenyataan bahwa tenaga-tenaga ahli di bidang ICT (Information and Communication Technology) asli Indonesia masih amat terbatas jumlahnya. Padahal, Indonesia adalah pangsa pasar besar dan potensial produk-produk ICT. Tengok saja, pengguna jejaring sosial di Indonesia tercatat hampir 18 juta facebookers, 140,5 juta pengguna seluler, serta 45 juta pengguna internet dari total 237,5 juta penduduk.

Multidisiplin Ilmu

Maka. buat kamu yang care dan berminat dengan bidang ICT, khususnya teknologi komputer, kamu mesti tahu program studi (prodi) yang satu ini. Prodi S-1 Ilmu Komputasi, yang merupakan perpaduan Informatika, Pemodelan, dan Teknologi Jaringan Komputer ini sudah ada di IT Telkom (Institut Teknologi Telkom) sejak 21 Januari 2009. Prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom dikukuhkan dengan Surat Keputusan Dikti No. 90/D/T/2009.

Didik Ahli Teknik Komputasi

Prodi S-1 Ilmu Komputasi hadir untuk menunjang penyelesaian masalah-masalah yang memerlukan komputasi berkinerja tinggi atau HPC (High Performance Computer) dengan menggunakan pemodelan dan teknik-teknik komputasi. Bidang ini biasanya digunakan untuk desain sistem pertelekomunikasian, peramalan harga saham, desain sistem kecerdasan buatan, desain sistem pada industri manufaktur, desain sistem perusahaan pertambangan, dan lain-lain.

Lulusan prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom harus mampu membuat pemodelan masalah dari berbagai permasalahan nyata ICT, mampu mendesain algoritma yang efisien untuk menyelesaikan masalah, serta dapat mengimplementasikan teknik-teknik komputasi untuk merekayasa sebuah sistem komputasi berkinerja tinggi atau HPC.

Peluang Kerjanya Sangat Prospektif

Buat kamu yang berminat kuliah di prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom, nggak usah khawatir bakal kesulitan mendapatkan pekerjaan. Lantaran masih jarang, prospek kerja lulusan S-1 Ilmu Komputasi terbuka lebar.

Profesi yang bisa digarap di antaranya Information Technology Support Engineer, ahli dalam bidang dukungan teknologi informasi di perusahaan, seperti dukungan dalam sistem informasi, jaringan komputer, software pendukung pengambilan keputusan, dan sebagainya. Kemudian, System Analyst Engineer, ahli dalam analisis masalah dan perencanaan perangkat lunak dalam suatu pengembangan perangkat lunak (software).

Selanjutnya, Software Development Engineer, ahli dalam membangun sebuah software, pemrograman, dan perancangan algoritma yang efisien. Lalu, Database Engineer, ahli dalam perancangan sebuah database yang bisa menggali informasi dari data berukuran besar, seperti database perusahaan, halaman-halaman web, dan lain-lain. Terakhir, Modelling & Simulation Engineer, ahli pemodelan dan simulasi dalam pembangunan sebuah software.

Nah, tinggal pilih dech profesi mana yang srek dengan hati kamu.

Dosennya Friendly

Prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom didukung dosen-dosen profesional dan materi perkuliahan sebanyak 145 SKS dengan kurikulum 2008. Kamu nggak perlu sungkan bertanya pada dosen jika kuliah di prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom, karena mereka cukup friendly dan mau membantu kesulitan belajar mahasiswa melalui diskusi terbuka hingga berkomunikasi lewat internet. Ini bakal memudahkan kamu untuk berkonsultasi tentang apa pun yang kamu pelajari di kelas dan laboratorium.

Mata kuliah yang akan diajarkan para dosen itu buat kamu antara lain Desain & Analisis Algoritma, Sistem Paralel, Pemodelan dan Simulasi, Sistem Konkuren dan Terdistribusi, jaringan Komputer, dan lain-lain.

Punya Kelas Cozy dan Laboratorium Canggih

Sementara dari segi fasilitas, prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom ditunjang ruangan kelas bersuasana cozy serta laboratorium canggih seperti Laboratorioum Pemodelan dan Simulasi yang terdiri atas Laboratorium Dasar Komputer, Pemodelan dan Simulasi, serta Optimasi dan Kontrol. Juga, Laboratorium Komputasi dan Algoritma yang terdiri atas Laboratorium Komputasi Dasar, Sistem Terdistribusi, Komputasi Paralel, dan Komputasi Cerdas. Dengan begitu, kamu bakal memahami penerapan teori yang didapat di kelas dalam praktik sesungguhnya di laboratorium-laboratorium itu.

Ada Keahlian Tambahan

Selain itu, kamu juga bakal dibekali keahlian tambahan pilihan semacam Matlab, Desain Web, Java & Mobile Application, pengembangan animasi dan multimedia, serta Open Source dan jaringan. Ini, so pasti, bakal membuat kamu benar-benar siap bersaing di dunia kerja.

TAK Asah Softskill-mu

Selain dibekali berbagai kemampuan hardskill, kebisaan kamu di sisi softskill pun bakal ditempa di prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom lewat TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan). Inilah program unggulan IT Telkom buat menyeimbangkan otak kiri dan kanan guna meningkatkan softskill kamu seperti kemampuan melakukan inisiatif, proaktif, adaptasi, dan komunikasi secara baik yang memang amat dibutuhkan di dunia kerja.

Jadi, tunggu apa lagi, buruan gabung dengan prodi S-1 Ilmu Komputasi IT Telkom sekarang juga!

0 komentar:

Posting Komentar