Sabtu, 24 Juli 2010

Yuk, Lihat Planet Mars Secara Detail


WASHINGTON - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mempublikasikan sebuah peta yang detail mengenai planet Mars, agar bisa dilihat oleh masyarakat umum

Gambar digital dari planet Mars tersebut menampilkan sekira 21.000 gambar yang dikumpulkan oleh Thermal Emission Imaging System Odyssey (Themis).

Melalui situs yang beralamat di http://mars.jpl.nasa.gov/odyssey/, pengguna internet dengan bandwidth yang besar, kuat dan perangkat lunak komputer mampu kompatibel dapat mengunduh resolusi peta Mars secara penuh dan lengkap.

Menurut Philip Christensen, Direktur Mars Space Flight Fasilitas, foto-foto telah dirapikan, dicocokan, serta digabung-gabungkan untuk membuat mosaik raksasa Mars tersebut. Demikian yang dilansir melalui Space.com, Sabtu (24/7/2010).

"Pengguna dapat menggeser gambar dan zoom ke dalamnya. Pada zoom penuh, permukaan rincian terkecil adalah 330 kaki. Sedangkan bagian-bagian dari Mars telah dipetakan pada resolusi yang lebih tinggi, peta ini memberikan tampilan yang paling akurat sehingga jauh dari seluruh planet," jelas Christensen.

"Selain itu, kami telah mengikat foto ke kontrol grid kartografi yang disediakan oleh US Geological Survey, yang juga model optik kamera Themis's. Pendekatan ini memungkinkan kita menghapus semua distorsi instrumen, sehingga fitur di atas tanah dengan benar terletak dalam beberapa piksel dan menyediakan peta terbaik global Mars dari tahun ke tahun," tambahnya

Mars Odyssey diluncurkan pada bulan April 2001 dan tiba di Planet Merah pada bulan Oktober 2001. Misi saat ini dikelola oleh JPL, untuk NASA Science Mission Directorate di Washington.
(tyo)
okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar