Minggu, 24 Januari 2010

Pemanfaatan Teknologi, Sains dan Seni di Sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat menuntut ilmu sehari-hari, mayoritas masyarakat Indonesia memanfaatkan sekolah yang tersedia untuk belajar walaupun sekarang sudah ada home schooling yang tentunya tidak kalah. Sekolah adalah rumah kedua bagi para siswa, karenanya sekolah harus memiliki faktor-faktor untuk menciptakan suasana belajar yang dapat menunjang belajar siswa. Dalam artikel ini saya akan menunjukkan beberapa faktor yang mungkin akan sangat membantu sekolah dalam rangka menciptakan suasana belajar yang disukai para murid.
Dalam benak saya sekarang ini sekolah hanya memberikan fasilitas belajar yang monoton, yakni menggunakan metode lama sebagai contoh di sekolah hanya ada fasilitas perpustakaan dan olahraga dalam hal ini saya tidak meremehkan keduanya, namun alangkah lebih baik jika fasilitas-fasilitas lebih dikembangkan.
Dalam artikel ini saya akan memberikan pendapat saya untuk memajukan pendidikan di indonesia tidak hanya dalam bidang edukasi melainkan menyangkut masalah Sains, Teknologi dan Seni di Sekolah diantaranya:
Dalam Bidang Teknologi
  1. Sekolah hendaknya memiliki fasilitas wi-fi walaupun sebagian besar sudah memiliki namun belum dimanfaatkan dengan baik.
  2. Para Guru terbiasa dengan istilah "tulis dan catat" ini membuat sebagian murid bosan dan tidak tertarik dengan suatu mata pelajaran, alangkah lebih baik dan inovatif jika guru menampilkan menggunakan LCD atau memberikan e-book sehingga murid lebih bersemangat.
  3. Sekolah akan lebih terkenal jika memiliki website sendiri untuk lebih memasyarakat
Dalam Bidang Sains
  1. Praktikum yang lebih intens karena sangat menarik
  2. khusus pelajaran IPA belajar di tempat terbuka atau di lab akan sangat membangkitkan semangat siswa
  3. Kembangkan ekstrakulikuler dalam bidang sains, sesungguhnya sains itu menyenangkan
Dalam Bidang Seni
  1. Ini dia yang sangat memprihatinkan dunia sekolah, bidang seni seringkali sangat jarang di temukan di sekolah
  2. Dalam hal ini sekolah harus membangkitkan kreativitas siswa melalui seni terutama seni budaya karena sudah jarang siswa yang peduli dengan budaya

Demikian sekilas pendapat dari saya, semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar